Minggu, 16 Desember 2012

CUCI TANGAN PAKAI SABUN DAPAT MENURUNKAN ANGKA KESAKITAN


Tindakan sederhana seperti cuci tangan  pakai sabun dapat membantu kita untuk menghemat biaya yang harus  dikeluarkan  untuk  pengobatan  akibat  tertular  penyakit  infeksi  melalui  tangan. Berbagai penyakit infeksi dapat ditularkan melalui perantara tangan. Seorang individu yang terinfeksi saluran nafas atas ketika batuk atau bersin maka percikan cairan dari saluran nafas yang banyak mengandung kuman patogen baik bakteri maupun virus akan tersebar melalui udara dan menempel pada permukaan benda di sekitarnya.
Tangan akan terkontaminasi oleh kuman patogen yang ada pada berbagai permukaan. Tangan juga terkontaminasi ketika menyentuh bahan yang mengandung   kuman   patogen ketika mengolah bahan makanan mentah terkontaminasi, ketika buang air besar dan air kecil atau menyentuh tinja dan air kencing anak, bercocok tanam dengan pupuk organik, dan lain lain.
Tangan yang tidak dicuci atau dicuci tidak dengan cara yang benar masih membawa kuman patogen akan menyebabkan infeksi apabila yang bersangkutan memegang makanan, mata , mulut dan hidung sesuai dengan jalur penularannya baik untuk diri sendiri ataupun untuk orang lain yang kontak dengan tangan kita yang terkontaminasi.
Berbagai  studi  memperlihatkan  bahwa melakukan cuci  tangan pakai sabun dapat   menurunkan   kuman   patogen   sehingga   mencegah penularan. Studi di Paskistan pada 300 keluarga memperlihatkan dampak dari cuci tangan pakai sabun dapat menurunkan risiko menderita diare sampai 53 % dibandingkan dengan kelompok kontrol, infeksi saluran nafas 50 % dan impetigo (penyakit infeksi kulit) sampai 34%.
Beberapa studi di rumah sakit telah memperlihatkan bahwa cuci tangan pakai sabun menurunkan secara bermakna infeksi yang didapat dari rumah sakit akibat penularan melalui tangan, sebagai contoh suatu rumah sakit di Swiss dengan menggalakkan program cuci tangan dapat menurunkan angka prevalensi penyakit infeksi yang didapat dari rumah sakit dari 16,9% pada tahun 1994 menjadi   9,9% pada tahun 1998.
Seandainya kita sakit , selain mengeluarkan biaya untuk pemeriksaan dokter, laboratorium serta pemeriksaan lain yang diperlukan, dan pembelian obat , produktivitas serta kegiatan baik dalam pekerjaan dan lainnya akan terhenti karena sakit, dan juga akan mengalami rasa sakit atau kenyamanan kita terganggu. Keuntungan dari tindakan sederhana dan hanya memerlukan waktu yang singkat seperti cuci tangan dengan benar akan membantu mencegah penyakit infeksi.
Sumber :
Luby SP, Agboatwalla M, Feikin DR, Painter J, Billhimer W, Altaf A, Hoekstra RM (2005). Effect   of   handwashing   on   child   health:   a   randomised   controlled  trial.   Lancet.   16-22;366(9481):225-33

Tidak ada komentar:

Posting Komentar