Senin, 14 Mei 2012

METODE DAN MEDIA PROMOSI KESEHATAN


PENDAHULUAN


Program-program kesehatan, terutama yang terkait dengan PHBS perlu selalu disosialisasikan
secara terus menerus, hal ini dikarena perubahan tingkah laku kadang-kadang hanya dapat terjadi
dalam kurun waktu yang relative lama. Dari pengalaman bertahun-tahun pelaksanaan promosi
atau penyuluhan kesehatan masyarakat mengalami berbagai hambatan dalam rangka mencapai
tujuannya, yaitu mewujudkan perilaku hidup sehat bagi masyarakat. Dari penelitian-penelitian yang
ada terungkap meskipun kesadaran dan pengetahuan masyarakat sudah tinggi tentang kesehatan,
namun perilaku kesehatan masyarakat masih rendah. 

Dari berbagai aspek terkait dalam Promosi Kesehatan yang perlu mendapatkan perhatian secara 
seksama adalah tentang metode dan alat peraga yang digunakan dalam promosi kesehatan.
Dengan metode yang benar dan penggunaan alat peraga yang tepat sasaran, maka materi atau
bahan isi yang perlu dikomunikasikan dalam promosi kesehatan akan mudah diterima, dicerna dan
diserap oleh sasaran, sehingga kesadaran masyarakat akan PHBS lebih mudah terwujud.  

Panduan ini merupakan sebuah buku pegangan bagi fasilitator kesehatan atau petugas promosi
kesehatan lainya yang mempunyai peran memberikan informasi dan pelajaran ketrampilan bagi
masyarakat sasaran dalam hal perikau hidup bersih dan sehat. Buku ini berisi tentang metode,
media promosi kesehatan, serta bagaimana cara membuat media grafis  promosi kesehatan,
sehingga mereka mampu membuat media sesuai dengan kearifan local. 


II.  PROMOSI KESEHATAN


2.1. Pengertian
Promosi kesehatan adalah upaya mempengaruhi masyarakat agar menghentikan perilaku beresiko
tinggi dan menggantikannya dengan perilaku yang aman atau pelaing tidak beresiko rendah.
Program Promosi Kesehatan tidak di rancang ”di belakang meja”. Supaya efektif, program harus
dirancang berdasarkan realitas kehidupan sehari-hari masyarakat sasaran setempat.

Umumnya ada empat faktor yang dapat mempengaruhi masyarakat agar merubah perilakunya,
yaitu : (i) Fasilitasi, yaitu bila perilaku yang baru membuat hidup masyarakat yang melakukannya
menjadi lebih mudah, misalnya adanya sumber air bersih yang lebih dekat; (ii) Pengertian yaitu bila
perilaku yang baru masuk akal bagi masyarakat dalam konteks pengetahuan lokal, (iii)
Persetujuan, yaitu bila tokoh panutan (seperti tokoh agama dan tokoh agama) setempat
menyetujui dan mempraktekkan perilaku yang di anjurkan dan (iv) Kesanggupan untuk
mengadakan perubahan secara fisik misalnya kemampuan untuk membangun jamban dengan
teknologi murah namun tepat guna sesuai dengan potensi yang di miliki. 

Program promosi menekankan aspek ”bersama masyarakat”. Maksudnya adalah (i) bersama
dengan masyarakat fasilitator mempelajari aspek-aspek penting dalam kehidupan masyarakat
untuk memahami apa yang mereka kerjakan, perlukan dan inginkan, (ii) bersama dengan
masyarakat fasilitator menyediakan alternatif yang menarik untuk perilaku yang beresiko misalnya
jamban keluarga sehingga buang air besar dapat di lakukan dengan aman dan nyaman serta (iii)
bersama dengan masyarakat petugas merencanakan program promosi kesehatan dan memantau
dampaknya secara terus-menerus. 




3

2.2. Penyerapan materi dalam promosi kesehatan

Seseorang belajar melalui panca inderanya. Setiap indera ternyata berbeda pengaruhnya terhadap
hasil belajar seseorang, sebagai mana gambaran berikut :





Oleh karena itu seseorang dapat mempelajari sesuatu dengan baik apabila ia menggunakan lebih
dari satu indera



Apa yang bisa kita ingat :

10% dari yang kita baca

20% dari yang kita dengar

30% dari yang kita lihat

50% dari yang kita lihat dan
dengar

80% dari yang kita ucapkan

90% dari yang kita ucapkan dan
lakukan













4


III. METODE PROMOSI KESEHATAN


3. 1. Jenis Metode Promosi Kesehatan
Metode Promosi Kesehatan dapat digolongkan berdasarkan Teknik Komunikasi, Sasaran yang
dicapai dan Indera penerima  dari sasaran promosi.

3.1.1.  Berdasarkan Teknik Komunikasi

a.  Metode penyuluhan langsung. 
Dalam hal ini para penyuluh langsung berhadapan atau bertatap muka dengan
sasaran. Termasuk di sini antara lain : kunjungan rumah, pertemuan diskusi (FGD),
pertemuan di balai desa, pertemuan di Posyandu, dll. 
b. Metode yang tidak langsung. Dalam hal ini para penyuluh tidak langsung berhadapan
secara tatap muka dengan sasaran, tetapi ia menyampaikan pesannya dengan
perantara (media). Umpamanya publikasi dalam bentuk media cetak, melalui
pertunjukan film, dsb

3.1.2.  Berdasarkan Jumlah Sasaran Yang Dicapai

a.  Pendekatan PERORANGAN
Dalam hal ini para penyuluh berhubungan secara langsung maupun tidak langsung
dengan sasaran secara perorangan, antara lain : kunjungan rumah, hubungan
telepon, dan lain-lain
b.  Pendekatan KELOMPOK
Dalam pendekatan ini petugas promosi  berhubungan dengan sekolompok sasaran.
Beberapa metode penyuluhan yang masuk dalam ketegori ini antara lain :
Pertemuan, Demostrasi, Diskusi kelompok, Pertemuan FGD, dan lain-lain
c.  Pendekatan MASAL
Petugas Promosi Kesehatan menyampaikan pesannya secara sekaligus kepada
sasaran yang jumlahnya banyak. Beberapa metode yang masuk dalam golongan ini
adalah : Pertemuan umum, pertunjukan kesenian, Penyebaran tulisan/poster/media
cetak lainnya, Pemutaran film, dll

3.1.3.  Berdasarkan Indera Penerima

a.  Metode MELIHAT/MEMPERHATIKAN. Dalam hal ini pesan diterima sasaran melalui
indera penglihatan, seperti : Penempelan Poster, Pemasangan Gambar/Photo,
Pemasangan Koran dinding, Pemutaran Film
b.  Metode PENDENGARAN. Dalam hal ini pesan diterima oleh sasaran melalui indera
pendengar, umpamanya : Penyuluhan lewat radio, Pidato, Ceramah, dll
c.  Metode “KOMBINASI”. Dalam hal ini termasuk : Demonstrasi cara (dilihat, didengar,
dicium, diraba dan dicoba)

3.2. Kelebihan dan kekurangan masing-masing metode 

3.2.1.  Kunjungan Rumah
Kunjungan rumah adalah suatu hubungan langsung antara penyuluh dengan masyarakat
sasaran dan keluarganya di rumah ataupun ditempat biasa mereka berkumpul. Biasanya
kegiatan ini disebut anjang sono, anjang karya, dsb. 

Cara melakukannya dengan memperhatikan hal-hal seperti berikut :
-. Ada maksud dan tujuan tertentu

5

- Tepat waktunya dan tidak membuang-buang waktu
- Rencanakan beberapa kunjungan berurutan untuk menghemat waktu
- Kunjungi pula sasaran yang jauh dan terpencil
- Metode ini untuk memperkuat metode-metode lainnya atau bila metode-metode lainnya
tidak mungkin

Selama berkunjung harus diingat hal-hal seperti :
-  Membicarakan soal-soal yang menarik perhatian
-  Biarkan keluarga sasaran berbicara sebanyak-banyaknya dan jangan memotong
pembicaraannya
-  Bicara bila keluarga sasaran itu ingin mendengarkannya
-  Bicara dalam gaya yang menarik sasaran
-  Pergunakan bahasa umum yang mudah, bicara pelan-pelan dan suasana
menyenangkan
-  Harus sungguh-sungguh dalam pernyataan
-  Jangan memperpanjang mempersilat lidah
-  Biarkan keluarga sasaran merasa sebagai pemrakarsa gagasan yang baik
-  Harus jujur dalam mengajar maupun belajar
-  Meninggalkan keluarga sasaran sebagai kawan
-  Catat tanggal kunjungan, tujuan, hasil dan janji
-  Membawa surat selebaran, brosur, dsb untuk diberikan kepada keluarga sasaran. Ini
akan menjalin persahabatan

Kelebihan metode ini adalah :
-  Mendapat keterangan langsung perihal masalah-masalah kesehatan
-  Membina persahabatan
-  Tumbuhnya kepercayaan pada penyuluh bila anjuran-anjurannya diterima
-  Menemukan tokoh-tokoh masyarakat yang lebih baik
-  Rintangan-rintangan antara penyuluh dengan keluarga sasaran menjadi kurang
-  Mencapai juga petani yang terpencil, yang terlewat oleh metode lainnya
-  Tingkat pengadopsian terhadap perilaku kesehatan yang baru lebih tinggi

Keterbatasannya adalah :
-  Jumlah kunjungan yang mungkin dilakukan adalah terbatas
-  Kunjungan-kunjungan yang cocok bagi keluarga sasaran dan penyuluh adalah terbatas
sekali
-  Kunjungan yang terlalu sering pada satu keluarga sasaran akan menimbulkan
prasangka pada keluarga lainnya

3.2.2.  Pertemuan Umum
Pertemuan umum adalah suatu pertemuan dengan peserta campuran dimana di
sampaikan beberapa informasi tertentu tentang kesehatan untuk dilaksanakan oleh
masyarakat sasaran.

Cara melakukannya dengan perencanaan dan persiapan yang baik, seperti :
-  Rundingkan dahulu dengan orang-orang yang terkait
-  Konsultasi dengan tokoh-tokoh setempat dan buatlah agenda acara sementara
-  Jaminan kedatangan para nara sumber lainnya (bila diperlukan)
-
  Usahakan ikut sertanya semua golongan di tempat itu.




6

Hal-hal perlu diperhatikan :
-  Rapat diselenggarakan ditempat yang letaknya strategis, dengan penerangan dan
udara yang segar
-  Waktu yang dipilh adalah waktu luang masyarakat
-  Pada siang hari, bila tempat-tempat tinggal orang berjauhan
-  Tepat memulai dan mengakhiri pertemuan
-  Perhatikan ditujukan kepada tujuan pertemuan dengan memberikan kesempatan untuk
berdiskusi. Hindari pertengkaran pendapat
-  Anjuran mempergunakan alat-alat peraga
-  Usaha-usaha menarik perhatian, menggugah hai dan mendorong kegiatan
-  Memberikan penghargaan kepada semua golongan yang hadir
-  Libatkan tokoh-tokoh masyarakat setempat
-  Usahakan kegiatan lanjutan (bila ada)
-  Berikan selembaran-selembaran yang sesuai dengan materi yang didiskusikan

Kelebihan metode ini adalah :
-  Banyak orang yang dicapai
-  Menjadi tahap persiapan untuk metode lainnya
-  Perkenalan pribadi dapat ditingkatkan
-  Segala macam topik/judul dapat diajukan
-  Adopsi suatu anjuran secara murah/sedikit biaya

Kekurangan / keterbatasannya :
-  Tempat dan sarana pertemuan tidak selalu cukup
-  Waktu untuk diskusi biasanya terbatas sekali
-  Pembahasan topik sedikit lebih sulit karena peserta yang hadir adalah campuran
-  Kejadian-kejadian di luar kekuasaan seperti cuaca buruk, dsb dapat mengurangi jumlah
kehadiran


3.2.3  Pertemuan Diskusi ( Kelompok Diskusi Terfokus )
Pertemuan diskusi adalah untuk kelompok yang lebih kecil atau lebih sedikit pesertanya
yaitu berkisar 12-15 orang saja. Harus ada partisipasi yang baik dari peserta yang hadir.
Biasanya dipergunakan untuk menjelasan suatu informasi yang lebih rinci dan mendetail
serta pertukaran pendapat mengenai perubahan perilaku kesehatan. Keberhasilan
pertemuan FGD banyak tergantung dari petugas penyuluh untuk :
-  Memperkenalkan soal yang dapat perhatian para peserta
-  Memelihara perhatian yang terus menerus dari para peserta
-  Memberi kesempatan kepada semua orang untuk mengemukakan pendapatnya dan
menghindari dominasi beberapa orang saja
-  Membuat kesimpulan pembicaraan-pembicaraan dan menyusun saran-saran yang
diajukan
-  Berikan bahan-bahan informasi yang cukup agar peserta sampai pada kesimpulan
yang tepat. 

3.2.4.
Demonstrasi cara atau percontohan
Demontrasi adalah memperlihatkan secara singkat kepada suatu kelompok bagaimana
melakukan suatu perilaku kesehatan baru. Metode ini lebih menekankan pada bagaimana
cara melakukannya suatu perilaku kesehatan. Kegiatan ini bukan lah suatu percobaan
atau pengujian, tetapi sebuah usaha pendidikan. Tujuannya adalah untuk meyakinkan
orang-orang bahwa sesuatu perilaku kesehatan tertentu yang dianjurkan itu adalah

7

berguna dan praktis sekali bagi masyarakat. Demonstrasi ini mengajarkan suatu
ketrampilan yang baru.
Cara melakukannya dengan segala perencanaan dan persiapan yang diperlukan, seperti :
-  Datang jauh sebelum kegiatan di mulai untuk memeriksa peralatan dan bahan yang
diperlukan
-  Mengatur tempat sebaik mungkin, sehingga semua peserta dapat melihatnya dan ikut
dalam diskusi
-  Demonstrasi dilakukan tahap demi tahap sambil membangkitkan keinginan peserta
untuk bertanya-tanya
-  Berikan kesempatan pada wakil peserta untuk mencoba ketrampilan perilaku yang baru
-  Berikan selebaran yang cepat (brosur, dll) yang bersangkutan dengan demostrasi itu

Anjuran :
-  Pilihlah topik yang berdasarkan keperluan masyarakat
-  Demonstrasi dilakukan tepat masanya
-  Pengumuman yang luas sebelum waktunya untuk menarik banyak perhatian dan
peserta
-  Pergunakan alat-alat yang mudah di dapat orang
-  Hilangkan keraguan-raguan, tetapi hindarikan pertengkaran mulut
-  Hargai cara-cara yang biasa dilakukan masyarakat

Kelebihan  / keuntungan metode ini :
-  Cara mengajar ketramilan yang efekif
-  Merangsasang kegiatan
-  Menumbuhkan kepercayaan pada diri sendiri

Kekurangan / keterbatasannya :
-  Memerlukan banyak persiapan, peralatan dan ketrampilan
-  Merugikan bila demonstrasi dilaksanakan dengan kualitas yang buruk


IV.  MEDIA PROMOSI KESEHATAN


4.1. Pengertian
Media atau alat peraga dalam promosi kesehatan dapat diartikan sebagai alat bantu untuk promosi
kesehatan yang dapat dilihat,  didengar, diraba, dirasa atau  dicium, untuk memperlancar
komunikasi dan penyebar-luasan informasi 

4.2. Kegunaan
Biasanya alat peraga digunakan secara kombinasi, misalnya menggunakan papan tulis dengan
photo dan sebagainya. Tetapi dalam menggunakan alat peraga, baik secara kombinasi maupun
tunggal, ada dua hal yang harus diperhatikan, yaitu :   Alat peraga harus mudah dimengerti oleh masyarakat sasaran   Ide atau gagasan yang terkandung di dalamnya harus dapat diterima oleh sasaran

Alat peraga yang digunakan secara baik memberikan keuntungan-keuntungan :   Dapat menghindari salah pengertian/pemahaman atau salah tafsir. Dengan contoh yang telah
disebutkan pada bagian atas dapat dilihat bahwa salah tafsir atau salah pengertian tentang
bentuk plengsengan dapat dihindari.

8

  Dapat memperjelas apa yang diterangkan dan dapat lebih mudah ditangkap.    Apa yang diterangkan akan lebih lama diingat, terutama hal-hal yang mengesankan.   Dapat menarik serta memusatkan perhatian.    Dapat memberi dorongan yang kuat untuk melakukan apa yang dianjurkan.

4.3. Jenis / Macam Media  
Alat-alat peraga dapat dibagi dalam 4 kelompok besar :

4.3.1.  Benda asli, yaitu  benda yang sesungguhnya baik hidup maupun mati.
Merupakan alat peraga yang paling baik karena mudah serta cepat dikenal, mempunyai
bentuk serta ukuran yang tepat. Tetapi alat peraga ini kelemahannya tidak selalu mudah
dibawa ke mana-mana sebagai alat bantu mengajar. 
Termasuk dalam macam alat peraga ini antara lain :   Benda sesungguhnya, misalnya  tinja di kebun, lalat di atas tinja, dsb   Spesimen, yaitu benda sesungguhnya yang telah diawetkan seperti cacing dalam botol
pengawet, dll   Sample yaitu contoh benda sesungguhnya untuk diperdagangkan seperti oralit, dll

4.3.2.  Benda tiruan, yang ukurannya lain  dari benda sesungguhnya.
Benda tiruan bisa digunakan sebagai media atau alat peraga dalam promosi kesehatan. Hal
ini dikarena menggunakan benda asli tidak memungkinkan, misal ukuran benda asli  yang
terlalu besar, terlalu berat, dll. Benda tiruan dapat dibuat dari bermacam-macam bahan
seperti tanah, kayu, semen, plastik dan lain-lain. 

4.3.3.  Gambar/Media grafis, seperti poster, leaflet, gambar karikatur, lukisan, dll.

Poster 
Adalah sehelai kertas atau papan yang berisikan gambar-gambar dengan sedikit kata-kata.
Kata-kata dalam poster harus jelas artinya, tepat pesannya dan dapat dengan mudah dibaca
pada jarak kurang lebih 6 meter. Poster biasanya ditempelkan pada suatu tempat yang
mudah dilihat dan banyak dilalui orang misalnya di dinding balai desa, pinggir jalan, papan
pengumuman, dan lain-lain.  Gambar dalam poster dapat berupa lukisan, ilustrasi, kartun,
gambar atau photo.

Poster terutama dibuat untuk mempengaruhi orang banyak, memberikan pesan singkat.
Karena itu cara pembuatannya harus menarik, sederhana dan hanya berisikan satu ide atau
satu kenyataan saja. Poster yang baik adalah poster yang mempunyai daya tinggal lama
dalam ingatan orang yang melihatnya serta dapat mendorong untuk bertindak. 

Leaflet
Leaflet adalah selembaran kertas yang berisi tulisan dengan kalimat-kalimat yang singkat,
padat, mudah dimengerti dan gambar-gambar yang sederhana. Ada beberapa yang disajikan
secara berlipat. 
Leaflet digunakan untuk memberikan keterangan singkat tentan suatu masalah, misalnya
deskripsi pengolahan air di tingkat rumah tangga, deskripsi tentang diare dan
penecegahannya, dan lain-lain. Leaflet dapat diberikan atau disebarkan pada saat pertemuan-
pertemuan dilakukan seperti pertemuan FGD, pertemuan Posyandu, kunjungan rumah, dan
lain-lain. Leaflet dapat dibuat sendiri dengan perbanyakan sederhana seperti di photo copy. 




9

4.3.4.  Gambar alat optik. seperti photo, slide, film, dll

Photo
Sebagai bahan untuk alat peraga, photo digunakan dalam bentuk :
a. Album, yaitu merupakan foto-foto yang isinya berurutan, menggambarkan suatu cerita,
kegiatan dan lain-lain. Dikumpulkan dalam sebuah album. Album ini bisa dibawa dan
ditunjukan kepada masyarakat sesuai dengan topik yang sedang di diskusikan. Misalnya
album photo yang berisi kegiatan-kegiatan suatu desa untuk merubah kebiasaan BABnya
menjadi di jamban dengan CLTS sampai mendapat pengakuan resmi dari Bupati.
b. Dokumentasi lepasan. Yaitu photo-photo yang berdiri sendiri dan tidak disimpan dalam
bentuk album. Menggambarkan satu pokok persoalan atau titik perhatian. Photo ini
digunakan biasanya untuk bahan brosur, leaflet, dll

Slide 
Slide pada umumnya digunakan dengan sasaran kelompok atau grup. Slide ini sangat effektif
untuk membahas suatu topic tertentu, dan peserta  dapat mencermati setiap materi dengan
cara seksama, karena slide sifatnya dapat diulang-ulang

Film  
Film lebih kearah sasaran secara masal, sifatnya menghibur namun bernuansa edikatif. 











Tidak ada komentar:

Posting Komentar